Nagara Kretagama

Bab I : Pertemuan Para Pendekar
Karya : Satya Zulfiqar Ipnu

Bulan Aswina adalah bulan yang sangat berarti bagi Kerajaan Majapahit. Dimana setiap penduduk kerajaan yang besar tersebut merayakan pesta memperingati berdirinya Kerajaan Agung Majapahit,Raja Wijaya pun memberikan hadiah besar-besaran pada pesta rakyat tersebut.

Tak terkecuali di Kadipaten utama Majapahit,yaitu Tuban. Sebagai Kota yang berpengaruh pada kemajuan Majapahit,tentu saja kota ini sangat ramai penduduknya. Pelabuhan terbesar yang ada di Kadipaten ini pun menjadi gerbang utama Kerajaan. Ditambah pengaruh sang Adipati yang tegas yaitu Raden Ranggalawe,semakin membuat kota Tuban bersinar namanya seantero Jawa.

Pagi itu suasana agak mendung,terlihat kapal-kapal besar mulai merapat ke dermaga,jalanan masih ramai dengan para saudagar. Terlihat empat orang berjalan menyusuri jalanan pelabuhan. Nampak sekali orang tersebut datang dari wilayah Sumenep dari logat dan senjata yang dibawanya.Mereka terdiri dari Dua pemuda usianya sekitar embilan belasan dan sepasang Kakek-Nenek kira-kira berusia enam puluhan ,namun gerakan mereka masih tampak gesit,Nyata kalau mereka ahli silat dan tenaga dalam.

“Cuacanya rada mendung,apakah kita melanjutkan ke Prunggahan,apa kita beristirahat dulu beberapa hari disini?” Kata sang Kakek

“Sebaiknya kita jangan lama-lama di sini kanda,lebih baik kita segera ke Prunggahan,baru kemudian kita menghadiri rapat para pendekar di bukit Gembul” Jawab si Nenek.

Sang Kakek manggut-manggut,lalu kembali berkata pada ke dua Pemuda di belakangnya
“Kalian cepat cari tempat menginap barang semalam,baru nanti kita berangkat ke Peunggahan” Perintahnya pada ke dua Pemuda tersebut,Mendengar perintah sang Kakek,mereka mengiyakan

“Baik guru ” katanya bersamaan.

Setelah mendapatkan penginapan,mereka segera bergegas istirahat. Di Kota banyak sekali penginapan bertebaran sepanjang jalan. Ibu Kota Kadipaten Tuban terletak di Prunggahan atau sekitar lima kilo dari pelabuhan Utama.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s