Ini Tanggapan MUI Terkait Aliran Agama Suami Marshanda

Marshanda dan Ben Kasyafani Marshanda dan Ben Kasyafani Foto: Istimewa
 

Jakarta, SNW – Perceraian artis Marshanda dengan Ben Kasyafani disebut-sebut terkait masalah beda aliran agama. Ben sendiri secara terbuka memang mengakui keikutsertaannya dalam Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), sebuah organisasi agama yang dianggap masyarakat sebagai jelmaan aliran sesat. Namun, mantan VJ MTV itu menegaskan bahwa pengajiannya bukan aliran sesat seperti yang diisukan masyarakat selama ini.

Lalu apa tanggapan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait aliran LDII yang dianut suami Marshanda tersebut?

Ketua MUI, Amidan pun angkat bicara. Menurut Amidan, LDII di mata masyarakat sebagai jelmaan dari aliran Islam Jamaah yang pernah difatwakan sebagai aliran sesat pada tahun 1970-an silam.

“LDII dianggap penjelmaan Islam Jamaah, itu sudah difatwakan sebagai sesat. Ganti nama menjadi Lemkari, kemudian ganti nama menjadi LDII. Tapi para pimpinan LDII mengemukakan paradigma baru dan mereka katanya tidak lagi seperti konsep yang lama tentang keamiran itu,” ungkap Amidan kepada wartawan.

“Mereka sangat ekslusif. Mereka juga punya masjid sendiri. Kalau ada orang lain di luar jamaah mereka salat, langsung dibersihkan. Mereka juga punya sistem keamiran dan tidak mau salat berimaman dengan orang lain,” imbuh Amidan.

Sementara itu menurut Ketua MUI Bidang Seni dan Budaya, KH Cholil Ridwan, pengurus LDII pernah mendatangi MUI untuk menyatakan paradigma baru mereka yang sudah tidak lagi mengikuti ajaran Islam Jamaah seperti mengkafirkan orang lain di luar aliran mereka ataupun perihal persenan.

“Tahun 2006 pengurus LDII datang. Ketua Umumnya menyatakan sejak itu LDII sudah punya paradigma baru. Sudah tidak lagi mengikuti ajaran Islam Jamaah seperti persenan, mengkafirkan orang lain di luar aliran mereka. Tapi oleh MUI tidak serta merta dipercaya,” kata Cholil Ridwan.

Pihak MUI mengatakan bahwa LDII hingga kini memang masih menjadi polemik diantara para ulama. Meski mengaku punya paradigma baru, namun LDII belum bisa dikatakan bukan aliran sesat. Amidan menegaskan bahwa pihak MUI hingga kini belum memutuskan atau memfatwakan LDII sebagai aliran sesat atau tidak. Hingga kini MUI masih mendalami dan mengkaji terkait ajaran didalamnya.

“MUI Pusat sendiri sampai sekarang belum memutuskan apa-apa. Masih perlu pendalaman terhadap paradigma baru itu. Masih dalam pengkajian dan mengumpulkan bukti-bukti. Jadi belum diputuskan,” tandas Amidan.

Kabar sebelumnya menyebut bahwa pemicu perceraian Marshanda dan Ben Kasyafani lantaran keterlibatan Ben dalam LDII yang membuat terjadinya banyak perselisihan diantara keduanya. Namun baik Marshanda dan Ben sendiri telah membantah tegas terkait kabar tersebut.(SIS)

 

Sumber : Sayangi.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s